Jumat, 04 Desember 2015

STREAMLINE ( Garis Arus )

Masih pada materi dasar-dasar fluida dinamis, kali ini saya akan membahas tentang Streamline. Streamline adalah aliran yang mengikuti suatu garis lurus atau melengkung yang jelas ujung dan pangkalnya. Salah satu dari jenis kurva yang bersinggungan langsung dengan vektor kecepatan aliran. Biasa digunakan untuk membelah fluida, bisa berupa angin dan air untuk menciptakan benda yang dapat bergerak dengan cepat dan tidak terganggu dengan fluida yang ada didepannya. Streamline membantu benda dalam mengurangi konsumsi energi selama pergerakannya berlangsung, semakin bagus tingkat streamline yang digunakan, semakin bagus pula hasilnya. Namun dalam pembahasan kali ini kita akan mulai dari Pathline.


Pathline

Kita anggap gambar diatas adalah partikel-partikel didalam sebuah pipa. Bisa kita lihat dalam kurun beberapa detik titik fluida berpindah tempat, itulah yang disebut Pathline. Atau definisinya Pathline adalah lintasan yang dibentuk dari sebuah partikel yang bergerak dalam aliran. Pada gambar diatas pathline partikel A berpindah dengan waktu 1 dan 2 detik begitupun pathline partikel B. Namun pergerakan partikel tidak selalu lurus, gambar diatas hanya perkirakan saja karena bisa saja pergerakan partikel didalam pipa itu belok-belok atau yang lainnya. Pathline digunakan untuk menganalisa suatu aliran fluida. Bisa kita contohkan dari sebuah angkot yang keluar dari terminal berjalan menuju sebuah stasiun, jalan yang dia lalui untuk menuju stasiun itulah yang kita sebut Pathline.


Streamline
Definisi lain tentang streamline adalah sembarang garis yang dilkuiskan dalam aliran dimana garis singgung pada setiap titik tersebut menyatakan arah kecepatan aliran.

Contoh streamline
 

Streakline
Streakline adalah gabungan lintasan dari sejumlah partikel yang bergerak dimana identitasnya partikel telah diketahui dan partikel tersebut pernah lewat titik yang sama.
 
Demikian penjelasan tentang streamline dari saya, bila ada kekurangan mohon dimaklumi karena kesempurnaan hanya milik Allah dan Rasul-Nya. Akhir kata Wassalamu'alaikum Wr.Wb


( Selasa, 1 Desember 2015  )
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts