Minggu, 29 November 2015

DASAR - DASAR FLUIDA DINAMIS



Persamaan Bernoulli
 

Pada gambar diatas kita anggap sebuah pipa yang alirannya stedy artinya air mengalir terus menerus namun dititik tertentu kecepatan aliran airnya tidak berubah meskipun partikel-partikelnya berbeda-beda. Kita akan mulai dengan membahas tentang adanya tekanan disebabkan karena sebuah gayamaka kita akan uraikan berdasarkan gambar diatas:

P1 = F1
F1 = P1 . A1
F2 = P2 . A2

Pada pembahasan sebelumnya pada lapisan molekul fluida yang bergerak sejauh (S1), kita harus membahas waktunya karena berhubungan dengan Konservasi Massa, namun pada pembahasan ini kita tidak harus mencari waktunya karena ini akan berhubungan dengan Konservasi Energi. Pada gambar diatas, ada titik A1 dan lapisan molekul fluidanya yang bergerak sejauh S1 artinya dia sudah melakukan suatu usaha dan tadi gayanya F1arahnya masuk. Air mengalir kearah sampai mencapai titik V2 dan lapisan molekulnya bergerak sejauh S2 dengan melakukan usaha (-F2) karena gayanya berlawanan, maka kita akan tinjau energi dari sisi usahanya :

W1 = F1 . S1
W2 = (-F2 . S2)                                                 W = Usaha

Dan W Total = W1 + W2
            = F1 . S1 + (-F2 . S2)
            WT = F1 .S1 – F2 . S2
  
 Selanjutnya kita tinjau dengan Hukum Kekekalan Energi

Suatu benda yang bergerak itu kurang lebih adalah Energi kinetik + Energi Potensial. Energi Kinetik ( ), yang dari rumus terlihat jika energi ini ada ketika benda memiliki kecepatan (). Lalu Energi Potensial (), kenapa ada m.g.h ? kenapa dia punya energi potensial ? karena m.g adalah gaya lalu dikali h ( ketinggian ) maka itu adalah energi/usaha yang rumusnya gaya dikali perpindahan lalu disitu ada h (ketinggian) karena dia punya ketinggian maka dia punya Energi Potensial. Perbedaan energi potensial terletak pada ketinggiannya. Jika ditinjau secara logika, dari sebuah pompa yang memompa air naik dari bawah keatas itu ada usaha, untuk air yang mengalir dari bawah atau digambarkan pada gambar diatas yaitu titik V1 itu mempunyai energi kinetik dan energi potensial dan pada titik V2 juga mempunyai energi kinetik dan energi potensial artinya energi yang terpakai/energi total dari titik V1 sepanjang sistemnya adalah perbedaan energi dititik 1 dan titik 2 atau Energi Total titik 1 dikurangi Energi Total dititik 2.

Menurut Hukum Konservasi Energi

 
Tinjauan untuk Hukum Bernouli menggunakan persamaan diatas.
 
Penerapan
Pembuktian menggunakan Hukum Bernouli
 
 
Pembuktian menggunakan Hukum Bernouli


h1 = h2 = h

Konsep Energi

Konsep energy dan jenis energi yang ada dalam kehidupan sehari-hari ini sebenarnya sangat banyak jika kita mau memperhatikan. Sebelum membahas bagaimana konsep dari energi, Anda harus memahami apa arti energi itu sendiri. Energi secara fisika diartikan sebagai kemampuan dalam melakukan usaha atau kerja.
Konsep Energi dan Jenis Energi
 
Dari berbagai pengertian energi ini, pada dasarnya konsep energi ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang membutuhkan energi, misalnya saja dalam melakukan aktivitas, tubuh tentu saja membutuhkan energi untuk melakukannya.
Jika Anda melakukan kegiatan dalam waktu yang lama tentu saja akan merasa lelah dan energi yang ada pada tubuh semakin melemah. Konsep yang sederhana terjadi pada sebuah mobil, kendaraan mobil bisa berjalan jika terdapat bensin dan juga mesin di dalamnya. Mesin yang ada dalam mobil inilah yang menghasilkan energi untuk bergerak di jalan raya.

Sekian dari saya untuk hari ini, mohon maaf atas segala kekurangannya,
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.



(Kamis, 26 November 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts